Interaksi manusia dan komputer
merupakan suatu disiplin ilmu yang mengkaji tentang komunikasi atau interaksi
diantara pengguna dengan sistem. Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah
hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu
untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang
bertopengkan sebuah antarmuka (interface). atau Interaksi Manusia Komputer
merupakan sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna
memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Interaksi Manusia dan Komputer
suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan
implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan
mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Juga
merupakan suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.
Awal munculnya istilah interaksi manusia dan komputer
a. Tahun 1950-an
Awal munculnya istilah interaksi manusia dan komputer
a. Tahun 1950-an
Pertama kali diperkenalkan secara
komersil. Sistem interaktif multi-modality adalah sistem yang tergantung pada
penggunaan beberapa (multiple) saluran (channel) komunikasi pada manusia.
Dengan definisi ini, semua sistem interaktif dapat dianggap sebagai sistem
muti-modality, karena manusia selalu menggunakan saluran / indera visual dan
haptic pada saat memanipulasi komputer. Bahkan kita sering menggunakan saluran
audio untuk mendengarkan apakah komputer benar beroperasi dengan semestinya. Sistem
multi-modality modern sangat besar melibatkan penggunaan banyak (multiple)
saluran komunikasi secara simultan baik untuk input maupun output. Normalnya,
manusia memproses informasi menggunakan beberapa saluran komunikasi secara
simultan. Para perancang sistem ini mencoba meniru fleksibilitas
observasi dan artikulasi yang dimiliki oleh manusia dengan meningkatkan kemampuan ekspresi input dan output pada sistem interaktif. Multi-modal, multi-media, dan virtual reality adalah contoh dari penelitian dalam bidang sistem interaktif yang dikategorikan dalam bidang sistem multi sensor (multi-sensory system). Pada tahun 1940 dan 1950-an, terjadi perkembangan yang siginifikan dalam teknologi perangkat keras komputer. Hingga pada tahun 1960-an, perkembangan teknologi hardware yang cepat ini kelihatan menjadi sia-sia jika tidak diimbangi dengan pemanfaatannya, dan mendorong para peneliti untuk mencari ide-ide baru yang akan diaplikasikan pada perkembangan teknologi perangkat keras komputer yang cepat tersebut.
Salah satu kontribusi yang besar pada masa itu adalah konsep time-sharing yang memungkinkan sebuah komputer mampu mendukung / dapat digunakan oleh banyak (multiple) user. Sebelumnya, user / programmer dibatasi oleh pemrosesan batch, dengan memberikan data atau instruksi yang akan dijalankan dalam bentuk punched card atau paper tape kepada operator yang akan memasukkannya ke dalam komputer. Pada konsep time-sharing, komputer diperuntukan bagi individual user dan peningkatan keluaran (throughput) sistem menjadikan user lebih reaktif dan kolaboratif. Dapat dikatakan bahwa time-sharing memungkinkan interaksi interaktif antara manusia dengan komputer.
observasi dan artikulasi yang dimiliki oleh manusia dengan meningkatkan kemampuan ekspresi input dan output pada sistem interaktif. Multi-modal, multi-media, dan virtual reality adalah contoh dari penelitian dalam bidang sistem interaktif yang dikategorikan dalam bidang sistem multi sensor (multi-sensory system). Pada tahun 1940 dan 1950-an, terjadi perkembangan yang siginifikan dalam teknologi perangkat keras komputer. Hingga pada tahun 1960-an, perkembangan teknologi hardware yang cepat ini kelihatan menjadi sia-sia jika tidak diimbangi dengan pemanfaatannya, dan mendorong para peneliti untuk mencari ide-ide baru yang akan diaplikasikan pada perkembangan teknologi perangkat keras komputer yang cepat tersebut.
Salah satu kontribusi yang besar pada masa itu adalah konsep time-sharing yang memungkinkan sebuah komputer mampu mendukung / dapat digunakan oleh banyak (multiple) user. Sebelumnya, user / programmer dibatasi oleh pemrosesan batch, dengan memberikan data atau instruksi yang akan dijalankan dalam bentuk punched card atau paper tape kepada operator yang akan memasukkannya ke dalam komputer. Pada konsep time-sharing, komputer diperuntukan bagi individual user dan peningkatan keluaran (throughput) sistem menjadikan user lebih reaktif dan kolaboratif. Dapat dikatakan bahwa time-sharing memungkinkan interaksi interaktif antara manusia dengan komputer.
b. Tahun
1970-an
pada tahun 1970 perkembangan IMK
mulai berkembang sangat pesat ke berbagai penjuru bidang seperti pendidikan,perdagangan,perusahaan
DLL.dan muncul isu teknik antarmuka pengguna (userinterface).
c. Pada tahun 1980an
c. Pada tahun 1980an
Pada awal tahun 1980-an, dengan
harga hardware grafik yang memiliki kemampuan dan kualitas yang tinggi menurun,
para perancang mulai menyadari bahwa aplikasinya akan meningkat popularitasnya
seiring dengan bertambahnya fungsi visualisasi. Pada interaksi command-line standar,
satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil interaksi sebelumnya adalah dengan
bertanya menggunakan perintah (command) dan harus tahu bagaimana memberikan
perintah tersebut. Dengan adanya umpan balik (feedback) atau respon cepat
secara visual dan audio pada layar dengan resolusi tinggi dan sistem suara
berkualitas akan memudahkan pemberian informasi mengenai setiap aksi user yang
dieksekusi. Dan tehnik ini dikenal sebagai direct manipulation (manipulasi
langsung). Sukses komersial pertama yang mendemonstrasikan direct manipulation
ini adalah personal computer macintosh dari Apple Computer Inc. Manipulasi
langsung ini memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan
cepat. Contoh lain dari direct manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see
is what you get). Apa yang user lihat pada layar display pada saat menggunakan
word processing misalnya, adalah bukan dokumen sebenarnya yang nantinya
dihasilkan pada tahap akhir. Namun merupakan representasi atau rendering dari
bagaimana rupa dokumen final nantinya. Implikasi dari WYSIWYG ini adalah
perbedaan antara representasi dan hasil akhir adalah minimal, dan user dapat
dengan mudah memvisualisasikan hasil akhir dari representasi yang diberikan
komputer.
Tapi menurut sumber lain sejarah perkembangan
interaksi manusia dan komputer sebagai berikut:
Sejarah interaksi manusia dan komputer dimulai pada tahun 1700-an dan
1800-an. Akan tetapi barumenjadi sebuah teknologi pada tahun 1940-an dan
1950-an. Berikut perkembangan sejarah interaksi manusia dan komputer:1. Tahun 1950-an
Di tahun ini antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex.switch panel). Ditahun ini,mesin sangat sulit digunakan dan tidak praktis di karenakan mesin komputer sangat mahal dan besar.
2. Tahun 1960-1970-an
Di tahun ini antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL,FORTRAN) dengan perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan,dll) dan mempengaruhi perancangan sistem.
3. Tahun 1970-1990-an
Ditahun ini mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface). Antarmuka pada level intruksi para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberikan kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik.
4. Tahun 1980-an
Ditahun ini diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan Komputer. Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI,Multimedia)
5. Tahun 1990-an
Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network,Groupware)
6. Tahun 2000-an
Antarmuka berkembang dengan luas (ex.mobile device,interactive screen).
good
BalasHapusCoin Casino Bonus Codes
BalasHapusCoin 1xbet korean Casino Bonus Codes | No Deposit Bonus 인카지노 Codes | Latest Promotions, Cashback and more at febcasino CasinoRewards.com. ⭐ Free Spins for Android & iOS ⭐ No Deposit Bonuses
Bagus.. Cuman kata2 yg digunakan berbelit2. Sehingga sulit untuk dipahami
BalasHapus